Agar layanan kesehatan tetap berkelanjutan, hampir semua pemimpin layanan kesehatan sepakat bahwa pengurangan emisi karbon dan dampak lingkungan dari layanan kesehatan harus menjadi prioritas utama bagi organisasi kesehatan (99% setuju) dan pemerintah (97% setuju). Pengadaan yang berkelanjutan (misalnya, peralatan yang sirkular) merupakan strategi utama yang saat ini diterapkan oleh para pemimpin layanan kesehatan (51%), dan 39% berencana menerapkannya dalam tiga tahun ke depan.
Dengan memahami kebutuhan para pemimpin layanan kesehatan, poin-poin utama dari dialog menyoroti dampak dari kontribusi setiap pemangku kepentingan terhadap kebutuhan pasien di Indonesia saat ini dan di masa depan, serta strategi bagaimana mereka dapat bekerja sama untuk mendorong kemajuan lebih lanjut. Para pemangku kepentingan sepakat mengenai perlunya rencana yang kohesif, yang mana dialog ini sebagai katalisator untuk langkah-langkah nyata dalam digitalisasi dan integrasi data di Indonesia guna meningkatkan kinerja dan ketahanan layanan kesehatan serta mendukung keberlanjutan dan dampak jangka panjang. ***