Menyadari kegelisahan para ibu terkait GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada anak, SUN, brand makanan pendamping ASI dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), meluncurkan Gerakan Lahap Makan (GLM).
Metode ini dikembangkan bersama dr. Dimple Nagrani, Sp.A, BMedSc untuk membantu anak makan lebih lahap dan tercukupi gizinya.
Menurut dr. Dimple, GTM biasanya dipicu oleh tiga faktor utama: waktu pemberian makan, variasi dan tekstur makanan, serta cara pemberian makan.
“Orang tua perlu menguasai tiga metode penting agar anak lahap makan. Pertama, pastikan anak lapar dengan jeda makan 2-3 jam dan dalam kondisi tidak mengantuk. Kedua, variasikan rasa dan tekstur makanan sesuai usia anak. Ketiga, perhatikan cara pemberian makan yang tepat, seperti memastikan posisi duduk tegak dan meminimalkan distraksi saat makan,” jelas dr. Dimple dalam peluncuran GLM di The Gallery Cibis Park, Jakarta.

Stephanie Lay, Head of Marketing Indofood Nutrition and Special Foods Division, menambahkan bahwa banyak ibu memilih bubur SUN karena tekstur dan rasanya yang disukai anak.
“Pengalaman ini memotivasi kami untuk terus berinovasi, menghadirkan produk bergizi lengkap dan edukasi melalui Gerakan Lahap Makan. Kami berharap metode ini membantu mengatasi GTM sehingga anak-anak mendapatkan asupan gizi optimal untuk tumbuh kembang yang sehat,” ujarnya.
Sebagai Brand Ambassador SUN, pasangan selebriti Alyssa Soebandono dan Dude Harlino turut berbagi pengalaman.
“Setiap anak itu unik, dan kami terus belajar saat menghadapi GTM. Kami ingin menjadi teman para ibu melalui metode GLM. Anak-anak kami menyukai bubur SUN karena rasanya cocok dan mudah dikreasikan menjadi berbagai resep Nusantara yang bergizi,” kata Alyssa.
Chef Yulita Intan Sari turut membagikan tips menyiapkan MPASI yang mendukung GLM.
“MPASI harus lezat dan tepat teksturnya. Saya membuat Bubur Opor Ayam ala SUN untuk anak 6-8 bulan dan Lemet Jagung untuk usia 9-12 bulan. Kedua menu ini menggunakan produk SUN yang mudah dikombinasikan dengan bahan pangan lokal,” ujarnya.
Sebagai bubur bayi No.1 di Indonesia yang dipercaya lebih dari 30 tahun, SUN terus berinovasi menghadirkan MPASI praktis, aman, dan bergizi. Produk SUN dilengkapi Esenutri, tinggi zat besi, omega 3 & 6, bersertifikasi BPOM, dan memenuhi standar internasional Codex Alimentarius tanpa pengawet atau perisa tambahan.
“Dengan Gerakan Lahap Makan, SUN ingin membantu para ibu menghadapi GTM dengan metode yang mudah dipahami dan dipraktikkan. Gerakan ini akan diperkenalkan secara luas ke lebih dari 2.000 posyandu di seluruh Indonesia,” tutup Stephanie.
Dengan langkah ini, SUN menunjukkan komitmen kuat untuk mendukung ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak-anak Indonesia, menciptakan generasi yang sehat dan cerdas sejak dini.